Rabu, 22 Maret 2017

SEJARAH SYEIKH ABDUL HALIM KHATIB


Syekh Abdul Halim dilahirkan pada tahun 1901 M di Mandailing. Beliau seorang bermarga Lubis. Ayah beliau bernama Ahmad Khatib Lubis yang dikenal sebagai orang yang taat dalam beragama Islam di desanya. Ketaatan beragama ini menurun kepada Syekh Abdul Halim yang sejak kecilnya sudah taat dan rajin melaksanakan kegiatan keagamaan terlebih lingkungan sekitarnya sangat mendukung dalam perkembangan anak-anak dalam beragama.

Pada tahun 1912, Syekh Abdul Halim menuntut ilmu di pesantren (cikal bakal Pondok Pesantren Mushtafawiyah Purba Baru) yang didirikan oleh Syekh Mushtafa Husein di Tano Bato. Beliau termasuk di jajaran murid-murid awal Syekh Mushtafa Husein. Kekonsistenan Syekh Mushtafa Husein berpegang teguh mempertahankan Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) ditularkan terhadap murid-muridnya termasuk kepada Syekh Abdul Halim.

Kerajinan dan keuletan Syekh Abdul Halim serta ditambah pengasuhan dan keberkatan Syekh Mushtafa Husein dalam mengajarinya membuat Syekh Abdul Halim dengan cepat menguasai pelajaran-pelajarannya terutama bidang fikih. Pada tahun 1915, terjadi banjir besar di Tano Bato yang mengakibatkan Syekh Mushtafa Husein harus hijrah ke Purba Baru (Mushtafawiyah), Syekh Abdul Halim pun dengan setia mengikuti gurunya tersebut.

Pada tahun 1925 M beliau berangkat ke Makkah-Al Mukarromah lewat Singapura, tetapi karena di Arab Saudi sedang terjadi pergolakan beliau membatalkannya dan akhirnya beliau berguru pada As-Sayyid 'Alwi bin Thahir Al-Haddaad di Johor-Malaysia.

Pada tahun 1927 M, ketika Arab saudi telah aman, beliaupun berangkat ke Makkah Al-Mukarromah.  Di Makkah beliau tinggal di rumah Syeikh Abdul Qadil bin Shabir Al-Mandili. Di makkah Al-Mukarromah beliau bersekolah di Madrasah Al-Falah. Setelah beliau menamatkan pendidikannya di Madrasah Al-Falah, beliau melanjutkannya dengan berguru di Masjidil harom pada Ulama-ulama besar  Makkah. Beliau Bermukim di Makkah Al-Mukarrohmah selama 24 tahun, dari tahun 1927 M  sampai tahun 1951 M.

Guru-guru beliau dibidang melancarkan Tahfizh Al-Qur'an adalah :
1. Syeikh Ahmad Hamid Tidjiy
2.Syeikh Abdullah bin Ibrahim As-Sinnariy
3.Syeikh Ahmad Al-Hamidiy
4. Syeikh Muhammad Lathoyyib Al-Marokasyi
5. Asy-Syarif Abu Hafish 'Umar bin Hamdan Al-Mahrosi At-Tunisiy
6. Syeikh Muhammad "Arobi bin At-Tabani As-Sathifi Al-Jazairiy

Guru-guru beliau di Masjidil Harom diantaranya :
1. Syeikh Muhammad Mukhtar bin 'Athorid Al-Batawiy
2. Syeikh 'Umar bin Abi Bakar Ba Junaid 
3. Syeikh Muhammad Lathoyyib A-Marokasyi
4. Asy-Syarif Abu Hafish "Umar bin Hamdan Al-Mahrosi At-Tunisiy
5. Syeikh Muhammad 'Arobi bin At-Tabani As-Sathifi At-Tunisiy
6. Syeikh "Abdurrahman bin karim bakhosy
7. As-Sayyid Abu Bakar bin Ahmad Al-Habsyiy
8. Asy-Syarif Al-Mujahhid Ahmad bin Muhammad As-Sanusiy
9. Syeikh 'Ubaidillah bin Al-Islami As-Sindiy
10. As-Sayyid Muhammad Amin Kutubiy
11. As-Sayyid 'Alwi bin 'Abbas Al-Maliki
12. As-Sayyid Hasan Hasanain ibnu Makhluf
13. Syeikh Salim Shafa Al-'Adawi Al-Azhariy
14. As-Sayyid Sholih bin Abi Bakar Syatho
15. Syeikh Mukhtar bin 'Utsman Makhdum Al-Bukhoriy
16 Syeikh Muhammad Raden Sulaiman As-Sumidaniy
17. Syeikh Muhammad Yahya 
18. Syeikh Zakki bin Ahmad Al-Barzanjiy
19. Syeikh 'Ashmatalloh bin Sayyid Muhammad Syakir Al-Bukhoriy
20. As-Sayyid Ahmad bin 'Abdullah Dahlan Al-Makkiy
21. As-Sayyid Muhsin bi 'Ali Al-Musawwiy
22. Syeikh Ahmad bin Yusuf Qistiy
23. Syeikh 'Abdussattar bin 'Abdul Wahab Ad-Dihlawiy
24. As-Sayyid Abdul Muhsin bin Muhammad Amin Ridhwan
25. Syeikh Ahmad bin Abdullah Nadhirin
26. Syeikh Hasan bin Sa'id Yamaniy
27. Syeikh Baha'uddin bin Abdullah Al-Afghaniy 

Setelah selesai dari Makkah, Syekh Abdul Halim pun kembali ke kampung halaman dan tiba masa untuk mengabdikan diri bagi masyarakat di Mandailing. Beliau mengabdikan dirinya di Mushtafawiyah dan menjadi menantu Syekh Mushtafa Husein. Syekh Abdul Halim diberi gelar sebagai Tuan Naposo (Tuan Guru Muda)  disebabkan keilmuannya sangat dekat dengan gurunya sekaligus mertuanya, Syekh Mushtafa Husein yang bergelar Tuan Natobang (Tuan Guru Tua).

Syekh Abdul Halim menjadi tulang punggung pelaksanaan pendidikan di Mushtafawiyah bersama “pareban“nya Syekh Ja’far Abdul Wahab karena mertua mereka (Syekh Mushtafa Husein) semakin aktif dalam pergerakan, usaha pertanian dan organisasi di luar Mushtafawiyah. Saat terbentuknya NU di Tapanuli Selatan (Sumatera Utara) pada tahun 1947, Syekh Abdul Halim juga termasuk dalam barisan tersebut bersama dengan Syekh Mushtafa Husein, Syekh Ali Hasan Ahmad, Syekh Baharuddin Thalib dan Nuddin Lubis. Syekh Abdul Halim juga sempat menjadi Pengurus PBNU di tahun 1960an.

Syekh Abdul Halim diangkat menjadi Roisul Mu’allimin (Kepala Sekolah) di Mustafawiyah setelah Syekh Mushtafa meninggal dunia di tahun 1955. Mushtafawiyah merupakan tempat yang cocok bagi beliau untuk mengembangkan ilmunya dengan mendidik para santri dengan gigih dan ikhlas sampai beliau lanjut usia. Beliau jatuh sakit pada tahun 1980 sehingga tugas Roisul Mu’allimin diserahkan kepada Syekh Syamsuddin Al-Hafizh (gelar Tuan Jakarta setelah pensiun menjadi dosen di IAIN Syarif Hidayatulloh).

Pada tanggal 21 Januari 1991, Syekh Abdul Halim meninggal dunia, tanah Mandailing kehilangan seorang figur ulama panutan yang menghabiskan umurnya untuk menyampaikan ilmu agama yang dimilikinya. Syekh Abdul Halim merupakan figur ulama Mandailing yang wara’ dan selalu ikhlas membaktikan dirinya kepada ummat. Beliau dimakamkan di pemakaman keluarga Purba Baru.


wallohu 'alam.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ada karya beliau tuan?

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons